Friday, April 20, 2018

Langkah Mudah Membuat Stopmotion

Langkah Mudah Membuat Stopmotion Di Macromedia Flash

Bukan hanya animasi saja yang bisa kita jadikan Stopmotion, kita juga bisa menggunakan Foto sebagai objeknya. Tapi ya harus sabar dalam prosesnya. Jadi disini saya akan memberitahukan Langkah Mudah Membuat Stopmotion Di Macromedia Flash. Dan teknik yang saya gunakan hanyalah keyframe. Apa itu keyframe? Mmm.. menurut saya keyframe itu animasi atau objek yang di simpan dalam suatu frame kosong. Atau bisa juga lokasi yang kosong pada timeline yang menandakan awal sampai akhir suatu transisi.

Mari kita simak baik-baik langkahnya :
1. Pertama-tama buka Macromedia Flash 8, karena saya akan memberikan contoh nya di Macromedia Flash 8.  Sebenarnya sama saja caranya jika di Flash lainnya.
2. Jika sudah maka kita langsung saja membuat Flash Document baru. Dan ubah Properties terlebih dahulu sebelum memasukan objek 
Langkah Mudah Membuat Stopmotion Di Macromedia Flash

3. Sekarang kita Import gambarnya yang akan di jadikan Stopmotion. dengan cara File > Import > Import to library. 
4. Jika sudah maka akan muncul di samping kanan bawah. Lalu langsung saja kita membuat Keyframe. Yang saya butuhkan di sini sampai frame ke 30. Jadi caranya itu Klik kanan di Frame lalu Pilih Insert Keyframe. Satu persatu dan berlanjut terus sampai frame ke 30. wkwkwk harus sabar dan inilah tampilannya.
Langkah Mudah Membuat Stopmotion Di Macromedia Flash
5. Jika sudah kita keyframe lalu kita masukan foto tersebut satu persatu ke dalam keyframe. Hingga yang sudah di Keyframe semuanya terdapat objek. Caranya tinggal kita tarik objek / Drag ke dalam lembar kerja kita.
6. Paskanlah ukuran sesuai dengan lembar kerja.
7. Kemudian satu persatu Foto harus di jadikan Movie clip.Caranya Klik kanan di Objek, kemudian pilih Convert to symbol > Movie Clip > OK
Langkah Mudah Membuat Stopmotion Di Macromedia Flash

Nah, Jika sudah semua langkah-langkah nya. dilanjutkan dengan melihat hasilnya. Kita tinggal Klik Ctrl+Enter. Jangan lupa yaaa Setiap membuat Kerjaan apa pun sebaiknya di Save terlebih dahulu. Dikhawatirkan nanti malah Close Program.. ehehe Kan sakit tuh kalo kita sudah bikin cape-cape eh malah Close Program.
Ini dia hasilnya.. Ehehe langsung ku Upload.


Semoga Langkah Mudah Membuat Stopmotion ini bermanfaat yaaa .. :))

2 comments: