KATA PENGANTAR
Puji Syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah memberikan kepada kami limpahan karunia serta anugerahnya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal usaha yang semoga dilancarkan segala yang kami niatkan dalam rangka membangun kemandirian. Sholawat serta salam semoga tetap tercurah kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang karenanya dunia menjadi penuh cahaya pengetahuan dan keimanan sebagai tauladan pemimpin berakhlakul karimah serta pengusaha muslim yang menjadi rahmat bagi semesta alam.
Namun demikian, kebutuhan modal yang besar menjadi salah satu alasan menjadikan kami mengajukan proposal usaha sebagai ikhtiar kami dalam mendapatkan modal dari para investor.
Kami sadar bahwa dalam proposal usaha yang kami susun masih terdapat banyak ketidak sempurnaan termasuk dalam penyusunan konsep kewirausahaan yang kami ajukan. Oleh karena itu, kami sangat mengharapkan adanya saran dan kritik guna perbaikan di masa yang akan datang.
Kuningan, April 2018
Tim Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang
1.2. Visi dan Misi Usaha
1.3. Tujuan
1.4. Sasaran
1.5. Nama usaha
1.6. Tempat usaha
BAB II ASPEK PEMASARAN
2.1 Segmentasi, Targeting, Positioning
2.2 Maketing Mix
2.3 Analisis SWOT dalam perkembangan usaha
BAB III ASPEK PRODUKSI
3.1 Spesifikasi Produk
3.2 Penentuan Kapasitas dan Rencana Produksi
3.3 Proses produksi
3.4 Tenaga Kerja
3.5 Penentuan Lokasi dan Tata Letak Usaha
BAB IV ASPEK KEUANGAN DAN KELAYAKAN USAHA
1.1 Jumlah dan Struktur Permodalan
1.2 Target Minimum Penjualan
1.3 Pengalokasian Dana
BAB V PENUTUP
KESIMPULAN
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar belakang
Dengan perkembangan zaman dan teknologi, maka sebagian orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan, karena pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya.
Berdasarkan hal tersebut maka sangat potensial bila kami membuka dan mengembangkan usaha Jagung Susu Kental Puding (JaSKiding) karena sebagian dari masyarakat sangat menyukai Jagung karena rasanya yang enak, gurih dan nikmat. Dengan harapan pelanggan akan tertarik untuk datang dan membeli. Selain mempertimbangkan kemudahan dalam pengolahan, dengan berbagai inovasi yang dilakukan dibandingkan produk jagung lainnya, Jagung Susu Kental Puding (JaSKiding) berpotensi untuk dikembangan di wilayah sekitar Kampus. Hal ini didukung pula oleh luasnya segmentasi pasar yang dicakup oleh produk jajanan ini serta pula harga yang tergolong terjangkau untuk kantong para mahasiswa.
1.2. Visi dan Misi Usaha
· Visi
Menjadi Usaha jagung manis dengan pelayanan terbaik dan kualitas rasa yang unggul
· Misi
a. Memberikan farian rasa baru
b. Meningkatkan kualitas rasa
c. Meningkatkan kualitas pelayanan yang ramah, tepat, dan bermutu.
1.3. Tujuan
1. Tujuan Pendirian usaha
Usaha ini saya dirikan agar para konsumen dapat membeli Jagung Susu Kental Puding (JaSKiding) dengan rasa yang mereka inginkan. Selain itu dengan adanya usaha Jagung Susu Kental Puding (JaSKiding) ini menjadi peluang bagi kami untuk lebih mengembangkan kemampuan dalam bidang berbisnis, agar meraih keuntungan yang besar dan juga mampu membuat lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang membutuhkan pekerjaan.
2. Tujuan Pembuatan proposal
Proposal yang saya buat ini bertujuan untuk :
1) Sebagai tugas mata kuliah kewirausahaan
2) Untuk menambah pengetahuan dalam merencanakan pendirian suatu usaha.
3) Sebagai media yang bisa diaplikasikan oleh calon pengusaha lain yang ingin mengolah produk dari jagung.
1. 4 . Sasaran
Dalam usaha ini sasaran yang saya tujuan adalah semua kalangan yaitu mulai dari anak-anak, para mahasiswa maupun kalangan orang tua.
1.5 . Nama usaha
Kami mendirikan usaha ini dengan nama “Jagung Susu Kental Puding (JaSKiding)”.
1.6 . Tempat usaha
Kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan
BAB II
ASPEK PEMASARAN
2.1 Segmentasi, Targeting, Positioning
a. Daerah Pemasaran (Market Segmenting)
Jagung Susu Kental Puding (JaSKiding) mempunyai skala pemasaran depan kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan
b. Pasar Sasaran (Market Targeting)
Jagung Susu Kental Puding (JaSKiding) ini tidak hanya ditujukan untuk orang dewasa namun juga tersedia menu untuk anak-anak, dan remaja, sehingga sasaran pemasarannya ini cukup luas.
c. Positioning
Jagung Susu Kental Puding (JaSKiding) merupakan makanan cemilan sehat dan terjangkau di berbagai kalangan karena disajikan dengan kemasan khusus dan tanpa menggunakan bahan pengawet yang dapat membahayakan bagi kesehatan tubuh.
2.2 Maketing Mix
1. Product ( Produk )
Produk Jagung Susu Kental Puding (JaSKiding) yang di produksi merupakan produk berbahan baku jagung manis yang di rebus dan di sajikan secara hangat, produk yang dihasilkan tanpa menggunakan bahan pengawet maupun penyedap rasa, sehingga kandungan gizi dan serat dalam jagung tersebut tetap terjaga. Kemasan yang di gunakan cup atau gelas 100 gram berbahan plastik.
2. Price ( Harga )
Harga satuan dari Jagung Susu Kental Puding (JaSKiding) bervariasi antara Rp. 6000 s/d Rp. 10.000 sesuai dengan rasa yang di inginkan oleh konsumen.
3. Promotion ( Promosi )
Promosi dilakukan dari orang ke orang (individu), media sosial, teman, sahabat.
4. Place ( Lokasi )
Lokasi yang akan kami pilih adalah di sekitar wilayah kampus dan menjadikan mahasiswa dan dosen sebagai sasaran utama dikarenakan adanya sifat konsumtif mahasiswa dan dosen terhadap jajanan ringan yang mengenyangkan, terlebih Jagung Susu Kental Puding (JaSKiding) yang kami produksi mempunyai nilai gizi yang tinggi serta pula harganya yang terjangkau.
2.3 Analisis SWOT dalam perkembangan usaha
· Strenght (kekuatan):
1. Harganya yang terjangkau.
2. Mempertahankan cita rasa dari jagung manis.
3. Pelayanan yang baik.
· Opportunity (Peluang):
1. Mempunyai relasi yang baik antara penjual jagung dan penyetor jagung
2. Tempat yang strategis dan bisa dijadikan tempat nongkrong para anak muda.
· Weakness (kelemahan):
1. Tidak dapat memenuhi pesanan dalam jumlah banyak, karena produk dibuat dalam jumlah terbatas dan waktu yang cukup lama.
· Threat (Ancaman):
1. Ada sebagian jagung yang busuk yang dibeli di petani jagung, yang mengakibatkan kerugian.
2. Banyaknya para penjual jagung lainnya yang bersaing untuk menarik hati para konsumen.
3. Apabila tidak bisa memenuhi keinginan pelanggan maka akan mempengaruhi terhadap kepuasan konsumen.
BAB III
ASPEK PRODUKSI
3.1 Spesifikasi Produk
Produk yang dibuat oleh JaSKiding ialah produk Jagung Susu Kental Puding yang dikemas dalam cup. JaSKiding merupakan salah satu jajanan yang bergizi, enak dan memiliki banyak rasa sesuai keinginan konsumen. Bahan dasar JaSKiding ialah jagung manis pretel yang dikukus. Topping puding yang digunakan sebagai tambahan rasa ialah rasa coklat, vanila, green tea, strawberry, blueberry dan masih banyak variasi rasa lainnya. Sebagai bahan pelengkap, jagung manis ini menggunakan mentega untuk menambah cita rasa gurih pada jagung manis. JaSKiding memiliki manfaat sebagai jajanan sehat yang memiliki banyak varian rasa. JaSKiding merupakan jajanan yang cukup mengenyangkan dan juga bergizi, karena bahan dasar jagung manis yang digunakan serta topping yang sangat beragam.
3.2 Penentuan Kapasitas dan Rencana Produksi
JaSKiding memiliki kapasitas produksi 910 cup per bulan dengan rincian 6 hari kerja per minggu dengan kapasitas 35 cup per harinya. Untuk perencanaan strategis, proyeksi kapasitas dilakukan dalam jangka minimal 6 bulan ke depan, sesuai dengan rencana produksinya.
3.3 Proses produksi
Di dalam proses Pembuatan JaSKiding relative mudah, yang perlu dipersiapkan ialah jagung manis yang sebelumnya dicuci terlebih dahulu dengan air bersih dan kemudian dipreteli dari bonggolnya. Selanjutnya jagung dikukus selama 15 menit sampai empuk. Setelahnya jagung sudah bisa disajikan dengan topping puding yang diinginkan. Perlu diketahui proses pengukusan jagung ini dapat dilakukan langsung ditempat penjualan, Jagung bisa selalu ada dalam kondisi hangat karena selama penyajian jagung masih berada dalam kukusan.
Untuk penyajian bagi konsumen : konsumen yang memesan JaSKiding akan diberikan satu cup jagung manis kukus yang sudah diberi margarine sebagai penambah rasa. Untuk pelengkap rasa, konsumen bisa memesan topping puding yang diinginkan sesuai selera
3.4 Tenaga Kerja
Tenaga kerja yang digunakan oleh JaSKiding berjumlah 2 orang. Untuk pembagian kerja fungsional akan dikerjakan secara bersama-sama.
3.5 Penentuan Lokasi dan Tata Letak Usaha
Lokasi tempat JaSKiding ini dijual ialah di sebuah stand gerobak etalase yang terletak di depan Kampus STKIP Muhammadiyah Kuningan.
BAB IV
ASPEK KEUANGAN DAN KELAYAKAN USAHA
4.1 Jumlah dan Struktur Permodalan
Kebutuhan modal kerja pada JaSKiding meliputi biaya kebutuhan modal kerja. Adapun perincian bahan-bahan dan alat-alat nya adalah sebagai berikut :
· Modal alat
Gerobak : Rp. 1.800.000
Gas : Rp. 135.000
Kompor : Rp. 90.000
Regulator : Rp. 150.000
Selang gas : Rp. 75.000
Jumlah : Rp. 2.250.000
· Modal bahan
3 pak gelas : Rp. 50.000
2 bungkus sendok : Rp. 20.000
Jagung 7 kg : Rp. 42.000
Susu kental : Rp. 10.000
Keju : Rp. 200.000
Toples : Rp. 50.000
Jumlah : Rp. 372.000
Jumlah total modal awal : Rp. 2.250.000 + 372.000 = 2.622.000
4.2 Target Minimum Penjualan
Target minimum produksi perhari
7 kg jagung / hari : Rp 42.000
Target omset minimum perhari : 35 cup atau gelas
35 cup atau gelas × Rp 6.000 = Rp. 210.000
4.3 Pengalokasian Dana
Beban biaya yang dikeluarkan setiap harinya :
Sewa tempat : Rp. 10.000
Konsumsi : Rp. 20.000
Gaji 2 orang : Rp. 20.000
Akomodasi : Rp. 10.000
Lain-lain : Rp. 50.000
Jumlah : Rp. 110.000
BAB V
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Demikianlah proposal bisnis ini kami buat. Untuk pengajuan modal usaha Jagung Susu Kental Puding (JaSKiding) yang akan kami jalankan. Semoga proposal ini dapat diterima dan dapat di pertimbangkan serta bermanfaat bagi kita semua. Tidak lupa kami mengucap syukur kepada Tuhan YME karena atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan proposal bisnis kami. Dan tidak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut membantu dalam pembuatan proposal ini.
Semoga proposal ini dapat diterima oleh semua pihak karena proposal ini merupakan tahap awal kami dalam memulai usaha Jagung Susu Kental Puding (JaSKiding) ini. Dengan selesainya proposal bisnis ini, kami berharap dapat segera mewujudkan usaha bisnis yang telah kami rencanakan ini. Segala saran dan kritik yang membangun sangatlah kami harapkan dari semua pihak, karena kami menyadari bahwa proposal kami masih jauh dari kata sempurna. Saran dan kritik tersebut semoga saja dapat menjadi acuan atau pelajaran bagi kami semua untuk dapat menjadi lebih baik lagi dihari esok. Atas segala waktu dan perhatiannya kami mengucapkan terima kasih.
No comments:
Post a Comment