MEDIA SERBANEKA
Langsung saja kita ke Pengertian tentang Media serbaneka.
Media Serbaneka merupakan media yang didesain berdasarkan potensi yang terdapat pada suatu kawasan atau daerah. Lokasinya bisa di sekolah, perkampungan atau di suatu daerah yang bisa dimanfaatkan sebagai suatu media pembelajaran.
Untuk contohnya media serbaneka dapat berupa: Papan (board), media 3 dimensi, realita dan sumber belajar di masyarakat.
a. Boards dan Displays
1. Chalk Boards
Chalkboard banyak digunakan untuk :
• Memperjelas ide yang rumit
• Menggambarkan pokok-pokok isi suatu pelajaran
• Suplemen dari sutu kegiatan pelajaran
• Menggambarkan garis besar prosedur dari satu proses tertentu dengan arah yang jelas
• Memvisualisasikan idea tau konsep yang abstrak
• Memotivasi siswa dengan cara menggambarkan suatu aktivitas yang tepat
2. Bulletin Boards
Bulletin Boards digunakan untuk :
• Memberi rangsangan pada kondisi kelas hingga menjadi menarik
• Menciptakan kesiapan terutama untuk unit kerja yang baru
• Member jalan keluar bagi siswa berbakat
• Membangkitkan semangat dan moral kelas
• Mengembangkan rasa memiliki dan tanggung jawab di antara sesame siswa
3. Felt Boards
Media ini dapat digunakan untuk mengajarkan membedakan warna, pengembangan perbendaharaan kata-kata, dramatisasi, mengembangkan konsep member pesan tentang pokok-pokok cerita, membuat diagram, grafik dan sejenisnya.
4. Magnetic BoardGuru-guru olahraga seringkali menggunakan magnetic board ini , misalnya untuk menjelaskan strategi dan pergerakan posisi pemain bola. Guru keterampilan PKK menggunakannya dalam diskusi kelas untuk menunjukkan penempatan perabot rumah tangga dan sebagainya.
5. Electric Boards
Media ini umumnya dikembangkan sendiri oleh guru. Prinsip dari elektrik board ini adalah mencocokkan pertanyaan dengan jawaban yang ditandai dengan menyalanya bola lampu. Bila belajar dengan menggunakan papan listrik ini, siswa dapat menjawab pertanyaan dengan memilih jawaban yang telah disediakan. Tugas siswa ialah menekan tombol pada jawaban yang dipilih. Bila itu benar lampu akan menyala.
b. Media Tiga Dimensi
Media tiga dimensi dapat memberikan suatu perasaan akan realita . Karena media ini melibatkan lebih banyak pengertian dan perasaan dibandingkan dengan media lainnya. Media ini memberikan pengalaman yang mendalam dan pemahaman yang lebih lengkap akan benda-benda nyata.
Media tiga dimensi dirancang sedemikian rupa agar dapat ditangani oleh siswa ,kecuali untuk media yang terlalu mahal,terlalu besar,terlalu bahaya atau terlalu kecil. Unsur manipulasi merupakan unsur penting dalam penggunaan media tiga dimensi. Dengan memainkan alat-alat tertentu diharapkan siswa akan belajar.
c. Realita
adalah benda-benda nyata seperti apa adanya atau aslinya . contoh pemanfaatan realit misalnya guru membawa kelinci, burung, ikan atau dengan mengajak siswanya langsung ke kebun sekolah atau ke peternakan sekolah.
d. Sumber belajar pada masyarakat dan diantaranya dengan karya wisata dan berkemah.
d. Sumber belajar pada masyarakat dan diantaranya dengan karya wisata dan berkemah.
Media Serbaneka itu media yang berpotensi di suatu daerah sekitar kita untuk dijadikan atau dimanfaatkan untuk media pengajaran. Jadi, disekitar kita itu banyak sekali suatu media untuk kita jadikan bahan ajar dalam pembelajaran.
Itulah pembahasan tentang Media Serbaneka.
No comments:
Post a Comment